oleh

Kasipers Korem 022/PT Pimpin Upacara Hari Bela Negara di Makorem

-Militer-69 views

Pematang Siantar    |   Pancasila Adalah Visi Final Bangsa dan Negara Indonesia, Kasipers Korem 022/Pantai Timur Letkol Caj Irfan Ilhamsyah memimpin Upacara Peringatan Hari Bela Negara yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Makorem 022/Pantai Timur, jalan Asahan Km.3,5 Nagori Siantar Estate Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun, Kamis (19/12/2019).

Dalam sambutan Presiden RI, Joko Widodo yang dibacakan Kasipers mengatakan Semenjak Mr. Syafroedin Prawiranegara mendirikan Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) pada 19 Desember 1948 di Bukit Tinggi untuk membela kelangsungan hidup bangsa dan negara, berbagai wujud bela negara telah susul-menyusul silih berganti, untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap dan akan terus eksis untuk selama-lamanya. “Semakin beragamnya ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang dihadapi bangsa ini, hanya bisa kita hadapi dengan keberagaman keahlian yang saling terkait dan mengisi. Di sinilah terletak relevansi tekad kita untuk mewujudkan SDM Unggul demi kemajuan Indonesia yang kita canangkan sebagai tema peringatan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ke-74, ”ujarnya.

Ditambahkannya, salah satu berkah yang telah mengantarkan kemerdekaan tanah air kita adalah digalinya kembali Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup bangsa dan nilai dasar bela negara. Pancasila adalah visi final bangsa dan negara Indonesia yang menghendaki pembangunan manusia paripurna. “Sejalan dengan itu, pada tahun 2018 Presiden RI telah mengintruksikan pelaksanaan Rencana Aksi Bela Negara di berbagai bidang dan tataran di seluruh Indonesia dengan melibatkan segenap jajaran Kementerian/ Lembaga dan Pemerintah Daerah, serta berbagai elemen masyarakat sebagai wujud apresiasi atas berbagai keahlian manusia Indonesia,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kasipers juga menyampaikan Aksi Nasional Bela Negara juga melengkapi keahlian SDM kita dengan pengamalan nilai-nilai bela negara yang meliputi cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, kesetiaan dan keyakinan kepada Pancasila sebagai ideologi negara, kerelaan berkorban untuk bangsa dan negara, serta kemampuan awal bela negara dan semangat untuk mewujudkan negara yang berdaulat, adil dan makmur. “Semoga Tuhan Yang Maha Esa meridhoi dan memberkati segala kesadaran, upaya dan kebersamaan bangsa kita dalam mencapai segenap tujuan dan cita-cita kemerdekaan menuju Manusia Indonesia Paripurna berdasarkan Pancasila,” tutup Kasipers.