oleh

Kawal Capaian Target Vaksinasi Covid-19 Lansia Door to Door Oleh Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun

-Militer-22 views

Pematang Siantar  |  Dalam rangka memaksimalkan vaksinasi  khususnya para lansia Pemerintah saat ini telah menggencarkan upaya vaksinasi  di seluruh Indonesia dengan mengawal pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan dari rumah ke rumah. Bahkan aparat TNI pun diminta untuk mengawal dan membantu jalannya vaksinasi tersebut. Dalam hal ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 03/Siantar Selatan jajaran Kodim 0207/Simalungun Serda Suyanto turut serta melaksanakan kegiatan Pendampingan Vaksinasi dalam rangka percepatan Vaksinasi khusus Lansia secara vaksinasi door tu door untuk Lansia bersama Nakes Karo, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Kelurahan Karo Kecamatan Siantar Selatan Kota Pematang Siantar, Minggu (22/05/2022).

Dalam kesempatan ini Babinsa dan Pemedes setempat melaksanakan monitoring, pendampingan dan pengawalan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 oleh Tim Vaksinator Puskesmas yang dilaksanakan secara door to door ke rumah warga di wilayah Kelurahan Karo Kecamatan Siantar Selatan, pengamanan dan monitoring yang dilaksanakan Babinsa tersebut merupakan tugas wajib TNI dalam rangka mengawal dan mensukseskan program Pemerintah terkait vaksinasi Covid-19. Vaksinasi door to door tersebut merupakan upaya TNI dalam mensukseskan program pemerintah terkait percepatan vaksinasi. Kegiatan vaksinasi door-to-door tersebut dalam rangka meningkatkan jumlah partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan vaksinasi, sehingga diharapkan cepat membentuk herd immunity, ujar Babinsa Serda Suyanto.

“Di samping itu, dengan vaksinasi door-to-door bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat berkebutuhan khusus dalam memperoleh vaksin Covid-19. Hal itu cukup efektif karena dapat menjangkau keluarga yang belum mempunyai akses vaksin selama ini, khususnya para lansia, kita terus berupaya memberikan edukasi kepada masyarakat untuk ikut vaksinasi Covid-19 baik dosis satu maupun dua serta tiga di wilayah Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Simalungun.

Kami berkeliling untuk memberikan pelayanan vaksinasi Covid-19, dari rumah ke rumah, khususnya bagi warga yang kesulitan untuk datang ke sentra vaksinasi Covid-19, perlunya strategi khusus dalam mendongkrak capaian vaksinasi lansia, diantaranya dengan mendatangi langsung atau door to door. Jadi tiga pilar di wilayah masing-masing juga terus masif melaksanakan door to door untuk meyakinkan apakah bisa divaksin atau tidak, jika bisa, akan kita laksanakan. Kita berharap nanti kita akan melakukan strategi tadi, membuat vaksinasi dari pintu ke pintu kepada lansia karena dengan ini akan lebih mendekatkan akses vaksin dan memastikan bahwa lansia itu akan datang atau mendapatkan vaksinasi, terang Babinsa Serda Suyanto.

Ditempat terpisah Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf Roly Souhoka, S.I.P. menyampaikan vaksinasi untuk masyarakat khususnya lansia dilaksanakan secara door to door dikarenakan kondisi lansia kebanyakan menderita komorbit. Jenis vaksin yang dipakai khusus lansia jadi masyarakat lansia dan keluarganya tidak perlu khawatir karena vaksin yang digunakan tidak membuat efek samping, pelaksanaan vaksinasi secara door to door ini mendapat sambutan baik dari masyarakat, bahkan antusiasme dari masyarakat dalam pelaksanaan vaksinasi ini sangat patut diapresiasi dan dicontoh agar masyarakat tidak takut lagi untuk divaksinasi, Dandim berharap masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan, karena vaksin hanya sebagai penguat kekebalan bagi tubuh kita dan menguatkan imun tubuh, tutup Dandim.

Berita Lainnya