oleh

Kodim 0207/SML Dukung Tanam Sejuta Pohon

-Militer-97 views

 

 

Simalungun  | Personel Kodim 0207/Sml melaksanakan kegiatan Penanaman Sejuta Pohon di 7 Kabupaten sekitar Danau Toba bersama TNI-Polri, Aparat Pemerintah dan Komponen Masyarakat  Kab. Simalungun di wilayah Kecamatan Koramil masing-masing. Selasa (15/10/2019)

 

Dalam rangka penanaman sejuta pohon yang diinisiasi Kapoldasu Irjen Pol Agus Andrianto, 10 kabupaten se-kawasan Danau Toba secara serentak melaksanakan penanaman pohon di masing-masing daerah. Khusus Kabupaten Toba Samosir (Toba), kegiatan dipusatkan di Desa wisata di Pantai Parparean II, Kecamatan Porsea.

 

Berbagai jenis tanaman yang akan ditanam antara lain macadamia, durian, mangga, alpukat, jengkol, aren, kemenyan, sotul, dan tanaman berbuah lainnya. “Target sejuta pohon akan berlanjut sepanjang tahun, namun untuk tahap pertama akan ditanam sebanyak 5.000 bibit pohon,” kata Dandim 0207/SML

 

Lanjut dandim  0207/Sml dalam melakukan kegiatan penanaman sejuta pohon ini. Dia berharap, kegiatan ini tak hanya sekadar menanam, tapi juga merawat hingga tumbuh dengan baik. “Yang paling penting bukanlah bagaimana menanam, tapi bagaimana merawat agar tanaman ini tetap tumbuh dan berkembang,” ujar Dandim.

 

Dalam rangka pemeliharaan tanaman ini, para camat diminta agar mengarahkan para perangkat desa untuk ikut menjaga tanaman ini.

 

Kapolres Simalungun Menambahkan Terkait keberlangsungan kegiatan ini, lanjut dia, jika ada yang berusaha merusak atau mencabut tanaman tanpa seizin Kadis Lingkungan Hidup, maka akan siap diproses secara hukum. “Kita tidak main main dengan kegiatan ini, jika terus debit air Danau Toba menurun maka kondisi Danau Toba akan semakin buruk,” ujar Kapolres

 

Kegiatan penanaman sejuta pohon ditandai dengan penanaman 200 batang pohon secara simbolik. Turut dilakukan live streaming dengan Kapoldasu sebagai bentuk laporan atas pelaksanaan tanaman sejuta pohon ini.