oleh

Kodim 0208/Asahan Berikan Bantuan Pada Masyarakat Dimasa Pandemi Covid-19

-Militer-3 views

Asahan  |  Komando Distrik Militer (Kodim) 0208/Asahan yang dipimpin Letkol INf. Sri Marantika Beruh terus berupaya membantu masyarakat dimasa pandemi Corona Virus Diseases-19 (Covid-19). Pemberian bantuan baik secara moril dan materil terus dilakukan oleh Kodim 0208/AS, langsung diberikan kemasyarakat. Dandim 0208/Asahan Letkol Inf Sri Marantika Beruh, S. Sos mengatakan, dampak dari pandemi Covid-19 sungguh luar biasa. Dimana orang yang terkena virus Covid-19 dapat membuat penderitanya meninggal dunia. “Dan untuk masyarakatnya (negara) yang terkena Covid-19 menghancurkan perekonomian,” kata Dandim 0208/AS Letkol Inf. Sri Marantika Beruh. Selasa (1/12) saat ditemui Makodim 0208/AS.

Dikatakannya, Kodim 0208/Asahan sebagai satuan kewilayahan yang mempunyai fungsi dan tugas membina masyarakat diwilayahnya. Apalagi dimasa pendemi Covid-19 ini, tugas dari TNI dalam hal ini Kodim 0208/AS, merasa terpanggil membantu masyarakat disekitar wilayah ini. “Karena dampak dari Covid-19 ini cukup berbahaya bagi masyarakat dan merusak mata pencarian warga,” katanya.

Untuk itu, ujar Dandim 0208/AS, Dalam rangka mewujudkan Kepedulian kepada masyarakat sekitar. Kita melakukan penggalangan dan komunikasi sosial ke berbagai instansi dan organisasi untuk ikut memberikan bantuan kepada masyarakat. “Beberapa lembaga diantaranya Lion Club memberikan puluhan paket sembako dan ratusan masker, adapun paket sembako yang diberikan kepada masyarakat lebih kurang 100 paket dengan isi 10 kg beras, 1 kg Minyak Goreng, 1 kg Gula, 1 Kotak Teh dan 10 bungkus Mie Instan. Selain itu, melakukan penyemprotan disinfectan kerumah masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Covid-19” terang Dandim.

Dijelaskannya, bantuan itu nantinya kita berikan kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 ini. “Paket sembako dan masker akan disalurkan melalui Koramil setempat. Karena ujung tombak Kodim kemasyarakat adalah koramil, karena merekalah (Koramil) yang tahu masyarakat mana yang wajib dibantu, tujuan kita melakukan kepedulian kepada masyarakat adalah untuk membantu agar masyarakat terhindar dari Covid-19. Dan membantu mengurangi beban, biaya pengeluaran sembako bagi masyarakat yang tak mampu. “Covid-19 membuat masyarakat berkurang pendapatan perekonomian,” ungkapnya.

Dihimbau, kepada masyarakat agar tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) dengan cara menggunakan Masker, Menjaga jarak dan mencuci tangan dengan air yang mengalir pakai sabun atau mencuci tangan dengan Hand Sanitezer. “Mari kita lindungi diri dari bahaya Covid-19 dan mencegah penyebarannya,” serunya Marantika.

Dipaparkannya, dimasa pandemi Covid-19 ini, Kodim 0208/Asahan telah melakukan Patroli pendisiplinan Covid-19 dan edukasi oleh personel jaga agar masyarakat mentaati prokes. Inovasi pemanfaatan lahan tidur agar bisa membantu mengurangi beban perekonomian. Melakukan pemberian paket sembako dan masker. “Segala kebijakkan ini dilakukan atas perintah Pangdam 1/BB dalam hal penanganan Covid-19. Sama halnya dengan Kodam yang melakukan perlombaan Karya Jurnalistik penanganan Covid-19 tahap 1 dan 2 di media elektronik, cetak dan online. Kesemuanya itu dimaksudkan untuk mempercepat pemutusan mata rantai Covid-19,” ujarnya.

Harapannya, seluruh upaya dan inovasi yang dilakukan satuan-satuan kewilayahan jajaran Kodam I/ Bukit Barisan dirasakan langsung oleh masyarakat ditengah pandemi Covid-19 dan tatanan kehidupan yang normal segera terwujud kembali.