oleh

Korem 022/Pantai Timur  Gelar Komsos Dengan Aparat Pemerintah

-Militer-11 views

Pematang Siantar – Komunikasi Sosial (Komsos) merupakan salah satu metode Pembinaan Teritorial (Binter) TNI yang dilaksanakan secara terus menerus dalam rangka memperoleh kesamaan visi, misi dan interpretasi antar segenap komponen bangsa dalam membina potensi sumber daya nasional menjadi komponen cadangan dan komponen pendukung dalam sistem pertahanan negara

Dalam rangka memperkuat jalinan silaturahmi, Korem 022/Pantai Timur   menggelar kegiatan Komsos dengan aparat pemerintah Jajaran Korem 022/Pantai Timur    yang dihadiri oleh  80  orang bertempat di Aula Makorem 022/PT Jalan Asahan Km 3,5 Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun, Selasa 25 ( 25/05/2021).

Kegiatan Komsos dengan Aparat Pemerintahan yang dilaksanakan Korem 022/Pantai Timur, merupakan Program Kerja Bidang Teritorial yang rutin di laksanakan dengan mengusung tema “Sinergitas Aparat Pemerintah Membangun Imunitas Bangsa Untuk NKRI” Dengan Tujuan Memelihara Dan Menguatkan Sinergitas Antara Korem 022/PT Dengan APPEM (Aparat Pemerintah) Dan Komponen Bangsa.

Komandan Korem 022/PT  Kolonel Inf Asep Nugraha S.E.,M.Si,  yang diwakili oleh Kasrem 022/PT Letkol Inf Erli Priyanto dalam sambutannya mengatakan saya mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada seluruh peserta atas kesediannya meluangkan waktu untuk hadir di Korem 022/Pantai Timur.

Komunikasi sosial yang kita laksanakan hari ini merupakan wadah untuk berinteraksi secara harmonis, saling memberi dan menerima pendapat serta ide-ide positif yang membangun, sehingga timbul saling pengertian tentang peran, tugas dan fungsi masing-masing.

Komunikasi sosial ini juga, merupakan wadah untuk meningkatkan kerja sama yang semakin erat antara Korem 022/PT dengan Aparat Pemerintah, sehingga tercapai pemahaman tentang empat pilar (Pancasila, UUD 45, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika) sebagai konsensus dasar kehidupan berbangsa dan bernegara dalam menghadapi berbagai permasalahan yang timbul dalam kehidupan masyarakat.

Derasnya arus informasi yang memuat nilai-nilai yang tidak sesuai dengan budaya bangsa, dapat menerpa ke dalam kehidupan masyarakat. Ditambah lagi dengan situasi perkembangan Pandemi Covid-19 yang juga membawa berbagai permasalahan kehidupan di masyarakat, terutama sektor kesehatan dan ekonomi.

Oleh karena itu, kita harus meningkatkan kewaspadaan untuk mencegah gejala-gejala yang mengarah kepada upaya adu domba antar komponen bangsa, antar pemeluk agama, antar aparat dengan masyarakat, dengan berbagai isu yang dapat menyesatkan dan memporak-porandakan sendi-sendi kehidupan bermasyarakat dan bernegara melalui berita-berita hoak yang beredar di media sosial.

Lebih Lanjut Kasrem 022/PT  mengajak kita semua agar bijak dalam menggunakan media sosial dengan selalu mengkroscek kebenaran dari setiap informasi yang kita terima agar tidak salah persepsi dalam berpikir, berbuat dan bertindak.

Hal ini harus mendapatkan perhatian serius dari kita bersama untuk selalu mengantisipasi dan mencegah berbagai kemungkinan timbulnya hal-hal negatif yang dapat mengganggu stabilitas wilayah ini, dengan selalu melaksanakan koordinasi secara terpadu dan sinergis.

Khususnya kepada segenap aparatur pemerintah diharapkan dapat menetralisir dengan cepat dan tepat kegiatan yang bersifat provokatif, yang meresahkan masyarakat dengan melaksanakan deteksi dini dan cegah dini serta selalu berkoordinasi dengan aparat keamanan guna terpeliharanya stabilitas keamanan di wilayah ini.

Akhirnya, laksanakan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, berikan saran dan masukan bahkan kritik konstrutif tentang kinerja Korem 022/PT, terkait dengan kiprahnya bersama-sama dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam rangka membantu mewujudkan kondisi keamanan di wilayah ini.

Harapan saya, pertemuan ini dapat memberikan bermanfaat bagi kita semua dan saya selaku Danrem 022/PT mohon maaf apabila ada hal-hal yang kurang berkenan dalam penyelenggaraan kegiatan ini.