oleh

Korem 022/Pantai Timur Melaksanakan Pemotongan Hewan Qurban

-Militer-38 views

Pematang Siantar  |  Pandemi Virus Corona atau covid-19 membuat tatanan kehidupan menjadi berbeda. Hal ini juga terjadi pada hari Raya Idul Adha 1441 H / 2020. Karena pandemi covid-19 belum juga berakhir, seluruh aktivitas harus dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Bahkan, tata cara penyembelihan hewan kurban juga harus mengikuti protokol kesehatan. Penggunaan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun, serta melakukan pengukuran suhu tubuh jadi hal yang harus dilakukan oleh panitia pemotongan hewan kurban.

Seperti saat ini di Masjid Asy Suhada Korem 022/Pantai Timur melaksanakan  pemotongan hewan kurban, tetapi juga menerapkan protokol kesehatan saat menyembelih hewan kurban. Tahun ini, terdapat 6  hewan kurban, yang terdiri dari 5 sapi dan 1 kambing.

Dalam hal ini, Danrem 022/Pantai Timur Kolonel Inf Asep Nugraha, S.E., M. Si. yang diwakili Paur Binroh Bintal Rem 022/PT Letda Inf Zulpan mengatakan, pelaksanaan pemotongan hewan kurban merupakan suatu bentuk ibadah yang berhubungan langsung dengan sang pencipta, di mana Allah SWT hanya menuntut keteguhan hati dan tingkat keimanan yang tinggi dari hambanya dalam menjalankan perintahnya. Setelah disembelih hewan qurban nantinya akan diserahkan langsung kepada sejumlah warga serta beberapa pondok pesantren dan yayasan yatim piatu di Kabupaten Simalungun.

Paur Binroh Bintal Rem 022/PT Letda Inf Zulpan menambahkan pelaksanaan kurban kali ini tidak akan dihadirkan atau mengundang masyarakat umum khususnya pada acara pembagian daging, sehingga teknis pembagian nantinya akan diatur dan diserahkan oleh panitia yang sudah dibentuk sebelumnya. Pelaksanaannya tetap mengacu dengan protokol kesehatan penanganan Covid-19. “Banyak hikmah yang bisa kita petik dari perayaan Idul Adha, disamping untuk memupuk rasa kepedulian kita terhadap sesama, ini juga sebagai bukti rasa syukur kita terhadap nikmat yang telah dilimpahkan kepada kita”, ucap Paurbinroh bintal rem 022/PT

Paur Binroh Bintal rem 022/PT Letda Inf Zulpan    juga menyampaikan Penyaluran Daging Kurban diberikan kepada  Fakir Miskin Dan Kaum Duapa  disekitar Asrama  Makorem 129 Org. Panti Asuhan Islamic CenterJl. Asahan P. Siantar Jlh Anak 23  org, 5kg.  Panti  Asuhan Taruna Melati Muhammaddiyah jl. Sumbawa jlh Anak 20 org, 5 kg.Panti Asuhan Putri Aisyah P. Siantar jlh 33 org, 8 kg .  Pondok  Pesantren Annur Nagori Karang Bangun Kab. Sml.946 org, 40 kg. Pondok Pesantren Tahfijul Quran Nurul Hikmah Jl. Cipto jlh 113 org, 20 kg.  Pondok Pesantren Darussalam Nagori Pondok Sayur Lrng 20 kec. Siantar Martoba jlh 218 org, 20 kg. Dengan total Jumlah Daging Seluruhnya 344 kg.