oleh

Korem 022/PT Gelar Upacara Bendera Hari Senin

-Militer-69 views

 Pematang Siantar  |  Upacara bendera ini merupakan kegiatan rutin yang selalu dilaksanakan setiap hari Senin pagi oleh Anggota Makorem 022/Pantai Timur dalam rangka memupuk jiwa kejuangan, patriotisme, nasionalisme dan solidaritas prajurit. Serta mengenang jasa para pahlawan dalam rangka menumbuhkan jiwa patriotisme guna menghormati Sang Saka Merah Putih serta menumbuhkan jiwa kedisiplinan bagi prajurit dalam mengamalkan Sapta Marga, Sumpah prajurit dan Delapan Wajib TNI, Senin (28/11/2022)

Danrem 022/Pantai Timur Kolonel Inf Luqman Arief, S.I.P., yang diwakili Kasiintel Rem 022/PT  Letkol Cpl B. Situmorang,S.Pd.,M.H. sebagai Inspektur Upacara,mengatakan Upacara bendera yang kita laksanakan rutin setiap hari senin, hendaknya bukan dijadikan sebagai rutinitas dan acara seremonial semata, tetapi harus dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi bagi pimpinan untuk menyampaikan harapan dan kebijakan dalam pelaksanaan tugas pokok Korem 022/PT.

Minggu lalu, Korem 022/PT baru saja melaksanakan Latihan Penanggulangan Bencana Alam di wilayah Kab. Labura Kodim 0209/LB. Latihan ini penting dilaksanakan, mengingat saat ini kondisi cuaca cukup ekstrem, seperti tingginya curah hujan disejumlah daerah di wilayah Korem 022/PT.

Kondisi ini sangat rawan dan berpotensi besar terjadinya bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan bencana lainnya yang dapat mengakibatkan timbulnya kerugian, baik personel maupun materiil.

Bencana tentu tidak kita inginkan terjadi, akan tetapi, sikap waspada dan siaga perlu selalu dikedepankan, karena potensi kebencanaan dapat muncul setiap waktu, dan kesiapan dalam menghadapinya sangat penting dilakukan, untuk menghindari jatuhnya korban jiwa atau kerusakan yang menimbulkan kerugian berupa harta atau benda.

Oleh karena itulah, persiapan-persiapan dini diperlukan dalam rangka mitigasi dan kontijensi terhadap bencana yang mungkin akan melanda wilayah teritorial Korem 022/PT, seperti Latihan Penanggulangan Bencana Alam yang baru saja selesai dilaksanakan dan diharapkan seluruh prajurit maupun Pegawai Negeri Sipil selalu mewaspadai dan berhati-hati dalam menghadapi cuaca ekstrem tersebut.

Saat ini kita telah memasuki Triwulan Keempat Tahun Anggaran 2022. Lebih kurang tinggal satu bulan lagi waktu efektif untuk menuntaskan seluruh program kerja yang telah ditetapkan. Waktu yang masih tersisa agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, sehingga semua program dapat diselesaikan tepat waktu, dengan tetap memperhatikan tertib administrasi.

Untuk itu, segera selesaikan program anggaran pada periode triwulan keempat ini dengan sungguh-sungguh, tanpa ada satu program yang tertinggal dan upayakan hindari terjadinya berbagai kesalahan dalam pengelolaan dan pemanfaatan anggaran tersebut.

Kemudian, siapkan laporan pelaksanaan dan evaluasi Program Kerja secara jujur, transparan dan akuntabel sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku, sehingga dapat diketahui kendala yang dihadapi dan dijadikan sebagai acuan dalam meningkatkan kinerja serta optimalisasi pencapaian sasaran pada Tahun Anggaran berikutnya.

Akhirnya, saya minta kepada seluruh prajurit dan Pegawai Negeri Sipil untuk selalu introspeksi dan mawas diri dalam setiap pelaksanaan tugasnya. Hal ini bertujuan agar kekurangan dan kelemahan, khususnya dalam kedisiplinan dan ketaatan dapat diperbaiki lebih baik lagi, sehingga setiap tugas yang dilaksanakan selalu dilandasi dengan niat yang ikhlas dan bermanfaat bagi diri sendiri dan satuan.

Turut hadir dalam Upacara tersebut antara lain Para Kasi Korem 022/PT, Kasat Disjan Rem 022/PT, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Jajaran Korem 022/PT. Pelaksanaan upacara bendera dilaksanakan dengan khidmad.

Berita Lainnya