oleh

Korem 022/PT Laksanakan Ziarah Rombongan Dalam Rangka Peringati Hari Juang TNI Angkatan Darat

-Militer-54 views

Pematang Siantar   |   Tidak hanya tentang semangat kejuangan para pahlawan, dalam peringatan Hari Juang TNI AD juga mengenang sekaligus merefleksikan tentang kemanunggalan TNI-Rakyat yang berhasil mengusir penjajah dari Ambarawa pada 15 Desember 1945. Hal tersebut disampaikan Komandan Korem 022/Pantai Timur Kolonel Inf R. Wahyu Sugiarto, S.I.P., M. Han, dalam keterangannya setelah mengikuti Ziarah Rombongan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pematang Siantar jalan Nagur Kelurahan Siantar Kota Pematang Siantar, Senin (16/12/2019).

Masih dalam rangkaian kegiatan Hari Juang TNI AD, selain bakti sosial dan karya bakti, pada kegiatan Hari Juang TNI AD juga dilaksanakan Ziarah Rombongan terpusat di TMP Jalan Nagur Kota Pematang Siantar. ”Ziarah rombongan tersebar dilaksanakan secara serentak di masing-masing Wilayah TNI AD, Hari Juang TNI AD bukanlah Peringatan HUT TNI AD, namun mengenang kembali sejarah perjuangan TNI AD yang bahu-membahu dengan rakyat dan berhasil mengusir penjajah dalam pertempuran di Ambarawa,” ungkap Danrem.

Lebih lanjut Danrem jelaskan bahwa bagi TNI AD Hari Juang TNI AD merupakan refleksi perjuangan dan kemanunggalan TNI-Rakyat yang tidak bisa terpisahkan dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan negara. “Selain kegiatan internal, dalam peringatannya pun tetap melibatkan dan kegiatannya ditujukan untuk masyarakat, seperti bakti sosial maupun kegiatan lainnya. “Lebih dari itu, ziarah dalam rangka peringatan Hari Juang TNI AD dapat dijadikan momen untuk lebih mengenang jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah gugur dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan, sehingga kita semua dapat lebih percaya diri dan semangat untuk mengisi kemerdekaan sesuai bidang tugas masing-masing”, ungkap Danrem.

Sedangkan kegiatan syukuran sendiri akan dilaksanakan besok (Selasa, 17 Desember 2019) secara terpusat di Lapangan Nola Makorem 022/Pantai Timur Jalan Asahan Km, 3,5 Siantar Estet Kabupaten Simalungun. Dalam kegiatan Ziarah dihadiri oleh Danrindam l/Bukit Barisan, Dandim 0207/Simalungun, Para Kasi Korem 022/PT, Para Kabalak Jajaran Korem 022/PT, Para Perwira, Bintara, Tamtam dan PNS serta Ketua Persit Koorcab Rem 022 PD l/Bukit Barisan, Ketua Persit Koordinator X Rindam l/Bukit Barisan dan Ketua Persit Cabang Kodim 0207/Simalungun serta Persit lainnya.