oleh

Korem 022/PT Memperingati Isra’ Mi’raj 1443 H/2022 M

-Militer, Persit-305 views

P.Siantar – Guna meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan para Prajurit, Korem 022/PT  melaksanakan kegiatan Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1443 H/2022 M dengan Tema, “Hikmah Isra Mi’raj dalam Kehidupan TNI” yang berlangsung di Masjid Asy Syuhada Makorem 022/PT Jalan Asahan Km 3,5 Kec,Siantar Kab.Simalungun. Kamis ( 10/3/2022).

Acara peringatan Isra Mi’raj ini diawali dengan Sambutan Danrem 022/PT  Kolonel Inf Luqman Arief SIP  dan pembacaan Ayat Suci Al qur’an. Adapun peringatan Isra Mi’raj ini mengambil tema “Hikmah Isra Mi’raj dalam Kehidupan TNI”

Dalam sambutannya Komandan Korem 022/PT Kolonel Inf Luqman Arief SIP  mengajak kepada seluruh hadirin yang telah tulus dan ikhlas meringankan langkah meluangkan waktu untuk hadir bersama di Masjid yang mulia ini guna mendengarkan ceramah agama tentang Isra’ Mikraj Nabi Muhammad SAW yang sebentar lagi akan disampaikan oleh Bapak Al Ustadz H. Zainul Abidin,L.C.

Kita ketahui bersama, Isra’ Mikraj Nabi Muhammad SAW adalah peristiwa yang luar biasa, sehingga merupakan mukzizat yang begitu besar bagi kerasulan Nabi Muhammad SAW. Peristiwa ini adalah perjalanan spiritual Rasulullah SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa hingga ke Sidratul Muntaha untuk bertemu langsung dengan Allah SWT guna menerima perintah sholat lima waktu.” Ujar Danrem.

Selain perintah sholat, buah dari peristiwa Isra’ Mi’raj ini juga adalah pencerahan jiwa dan semangat bagi Rasulullah dalam menghadapi berbagai persoalan, baik dalam menyebarkan syiar Islam maupun dalam membangun tatanan kehidupan kemasyarakatan, sehingga peristiwa Isra’ Mikraj tersebut mengandung mutiara hikmah yang sangat luas dan mendalam, yang perlu dikaji untuk dipedomani dalam kehidupan kita sebagai hamba Allah SWT, khususnya kewajiban melaksanakan sholat lima waktu yang Allah perintahkan langsung kepada Nabi Muhammad SAW.

Shalat merupakan gambaran loyalitas yang solid dan konkret serta menggambarkan kepatuhan seorang hamba kepada sang penciptanya, karena sholat merupakan sarana bagi seorang hamba untuk bersyukur dan berdialog kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Kemudian, meneladani perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam membangun umat melalui transformasi spiritual dan sosial. Transformasi spiritual mengajarkan kita semua untuk senantiasa taat, tunduk, dan patuh kepada apa yang diperintahkan dan apa yang dilarang oleh Allah Subhanallahu Wa ta’ ala, dan transformasi sosial, mengajak kita semua untuk senantiasa melakukan perubahan dari kesalahan menuju kebenaran.

Dari hal tersebut, Peringatan Isra’ Mikraj harus dijadikan sebagai sarana intropeksi dan meningkatkan kualitas ibadah kita, khususnya kewajiban melaksanakan sholat lima waktu. Apabila hal ini mampu dilaksanakan, akan membawa pengaruh positif dalam sikap dan perilaku kita, sehingga mampu tampil sebagai Prajurit dan PNS yang beriman, amanah, ber-disiplin, dan professional dalam melaksanakan tugas sesuai dengan peran dan fungsi masing-masing.

Hal ini sesuai dengan tema Peringatan Isra’ Mikraj Nabi Muhammad SAW 1443 H/2022 M kali ini yaitu “ Hikmah Isra’ Mikraj Dalam Kehidupan Prajurit TNI”.

Untuk menggali hikmah yang lebih dalam tentang peristiwa Isra’ Mi’raj, mari kita simak dan dengarkan tausyiah yang akan disampaikan oleh bapak Al Ustadz H. Zainul Abidin, L.C.,untuk kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kedinasan, di tengah keluarga, maupun dalam berinteraksi dengan masyarakat.

Sementara itu, bapak Al Ustadz H. Zainul Abidin, L.C., sebagai penceramah dalam uraian Hikmah Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1443H/2022 M menyampaikan yang dimaksud dengan peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW adalah perjalanan Nabi yang diberangkatkan oleh Allah SWT di malam hari dari Masjidil Haram (Makkah) ke Masjidil Aqso.

Sedangkan Mi’raj adalah diangkatnya Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Aqso menuju kelangit ke tujuh dan dilanjutkanya ke Sidratul Muntaha.

“Selain menjadi peristiwa penting bagi umat islam peringatan Isra Mi’raj adalah suatu mukjizat yang Allah SWT karuniakan kepada Nabi Muhammad SAW yang disampaikan kepada umatnya untuk menerima perintah mendirikan sholat lima waktu sehari semalam,” jelas Ustadz.

Dan mudah – mudahan dalam memperingati Isra Mi’raj ini sebagai Momentum bagi kita semua untuk membenahi diri memperdalam ilmu agama agar kita dapat berbuat dan bekerja tetap di jalan Allah SWT,” Pungkasnya

Kegiatan Isra Mi’raj kali ini dilaksanakan dengan penuh rasa hikmat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 turut dihadiri Para Kasi korem 022/PT, Para Dan/Ka Balak Korem 022/PT, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 022PD I/BB beserta pengurus dan Perwira, Bintara  dan PNS jajaran Korem 022/PT

 

Berita Lainnya