oleh

Korem 022/PT menggelar kegiatan  Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Ta. 2023

-Militer-40 views

P.Siantar – Korem 022/PT menggelar kegiatan penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) TA. 2023, untuk meningkatkan profesionalitas bagi personel penyelenggara fungsi perencanaan dan anggaran di lingkungan Angkatan Darat. Di Aula Pantai Timur  Makorem 022/PT Jalan Asahan Km 3,5 Kec. Siantar Kab.Simalungun. Senin ( 23/5/2022).

Penyelenggaraan penyusunan RKA TA 2023 dilaksanakan secara terpadu antara Korem 022/PT dan  jajaran Korem 022/PT.

Kegiatan yang dipimpin oleh Kasiren Korem 022/PT  Letkol Kav Abdul Rachman Dalimunthe, S.E  ini diharapkan dapat menghasilkan data kekuatan dan kebutuhan sebagai masukan dalam penyusunan RKA TA. 2023  untuk selanjutnya diajukan ke Kodam I/Bukit Barisan.

Dalam Sambutannya Komandan Korem 022/PT Kolonel Inf Luqman Arief S.I.P  yang disampaikan Kasiren 022/PT Letkol Kav Abdul Rachman Dalimunthe, S.E  menyampaikan  bahwa Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) merupakan dokumen pengajuan dalam mekanisme bottom up planning yang berisi tentang program, kegiatan dan kebutuhan anggaran dalam periode satu tahun anggaran.

Oleh karena itu, penyusunan RKA harus akurat, lengkap dan komprehensif dengan dilengkapi data masukan dari seluruh unsur untuk mengakomodir kebutuhan dan menghindari adanya pengajuan susulan serta meminimalisir perubahan sasaran, maupun revisi anggaran, sehingga dapat mewujudkan konsistensi dan kontinuitas implementasi perencanaan yang akuntabel dan transparan.

Undang-Undang nomor 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara, secara tegas menyatakan bahwa Pemerintah diwajibkan menyusun anggaran dengan menggunakan pendekatan penganggaran terpadu dan penganggaran berbasis kinerja.

Penerapan penganggaran berbasis kinerja pada dasarnya adalah dalam rangka efektivitas, efisiensi dan akuntabilitas serta memberikan arah yang jelas tentang penggunaan dana. Pada prinsipnya kita harus lebih berhati-hati dan terbuka dengan mengikuti perkembangan serta dinamika saat ini, karena anggaran yang kita gunakan adalah uang rakyat.

Untuk itulah, saya berharap dalam penyusunan RKA ini benar-benar menghasilkan sebuah produk Rencana Kerja dan Anggaran yang akuntabel serta dapat dipertanggung-jawabkan sesuai dengan tujuan dan sasaran yang diharapkan dengan mengacu pada tugas pokok TNI AD.

Agar kegiatan ini dapat berjalan lancar dan mencapai hasil yang maksimal, saya menekankan beberapa hal untuk diperhatikan sebagai berikut :

Pertama, perhatikan pelaksanaan kegiatan secara seksama, sehingga penjelasan dari masing-masing narasumber dapat diterima dan dimengerti serta dilaksanakan dengan benar.

Kedua, rencanakan dan petakan macam kegiatan, jumlah serta besarnya kebutuhan anggaran secara terinci dengan dilengkapi data-data pendukung.

Ketiga, proses, mekanisme dan tertib administrasi dalam rangka merealisasikan kegiatan program, harus sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku, sehingga temuan-temuan dari wasrik internal maupun eksternal terhadap pelaksanaan program dapat diminimalisir.

Keempat, manfaatkan kegiatan Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran TA. 2023 ini dengan sebaik-baiknya, untuk memperoleh pemahaman tentang proses dan langkah perencanaan, sehingga Program dan Anggaran yang dihasilkan dapat dipertanggungjawabkan.

Tampak Hadir Dalam Kegiatan tersebut Para Pasi Korem 022/PT, Pasi Kodim 022/PT, Para Peserta Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran TA. 2023 jajaran Korem 022/PT. Selama kegiatan berjalan tetap mematuhi protokol kesehatan, untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19.

 

 

 

 

Berita Lainnya