oleh

Melalui Komunikasi Sosial Personel Jajaran Kodim 0208/Asahan Jalin SIlaturahmi Dengan Tokoh Agama Dan Warga

-Militer-41 views

Asahan  |  Keseharian seorang Babinsa dalam tugas pembinaan teritorial di wilayah desa binaannya adalah menciptakan kedekatan dengan Tokoh Masyarakat dan warga masyarakat binaan, seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 13/Buntu Pane jajaran Kodim 0208/Asahan Koptu Siryanto turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama dengan toko Masyarakat beserta warga membahas tentang merencanakan gotong royong pembersihan saluran air agar tidak tersumbat dimusim penghujan bersama dengan Kadus Dusun III Bapak Katimen dan Warga masyarakat, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Dusun III Desa Silau Maraja Kecamatan Setia Janji Kabupaten Asahan, Selasa (02/11/2021).

Dalam pelaksanaan kegiatan Komunikasi Sosial tersebut adapun yang di bicarakan tentang merencanakan gotong royong pembersihan saluran air agar tidak tersumbat dimusim penghujan bersama dengan Kadus Dusun III Bapak Katimen dan Warga masyarakat serta sulitnya mencari rejeki untuk pedagang kedai sampah karna adanya dampak dari susahnya mencari lapangan kerja jadi ekonomi warga  kesulitan untuk bejualan dari pembicaraan ini.

Pada kekiatan Komunikasi Sosialnya tersebut turut serta dihadiri oleh, Kadus Dusun III Bapak Katimen. Komunikasi sosial adalah suatu kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh setiap prajurit TNI dimanapun ia bertugas dan berada, tak terkecuali seorang Babinsa. Komsos merupakan salah satu wujud pelaksanaan metode pembinaan teritorial diwilayah yang menjadi tanggung jawabnya. Sasaran dari komunikasi sosial tidak memandang dari kelompok masyarakat ataupun golongan tertentu.

Seorang Babinsa harus mampu menguasai wilayah binaan yang menjadi tanggungjawabnya dan harus mampu melaksanakan komunikasi sosial dengan masyarakat yang melaksanakan komsos dengan ibu-ibu PKK sesaat sebelum mengadakan kegiatan rutin kumpul bulanan di salah satu warung. Di hadapan ibu-ibu kader PKK, Babinsa menyampaikan tentang pentingnya menyiasati dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dalam rumah tangga khususnya dalam meningkatkan ekonomi dengan cara mencari tambahan penghasilan melalui kegiatan usaha produksi rumahan. “Zaman sekarang, ibu-ibu harus kreatif untuk membantu suami menambah penghasilan harian sebagai usaha sampingan,” ucap Babinsa Koptu Siryanto.

Berita Lainnya