oleh

Meski Panas Terik, Babinsa Koramil 02/AP dan Petani Babat Batang Padi dan Rumput di Lahan Padi

-Militer-678 views

 

 

Asahan | Babinsa Koramil 02/Air Putih Kodim 0208/Asahan Serda Wardoyo melaksanakan pendampingan pok tani membantu Bapak Sinambela membabat jerami padi di Desa Simodong Kecamatan Sei Suka Kabupaten Batubara, Rabu (21/08/2019).

 

Setelah padi di panen maka harus bersihkan atau di babat batang padi yang sudah di panen agar nantinya di tanam bibit padi yang baru. Babinsa Serda Wardoyo menjelaskan, sebelum Padi ditanam, lahan perlu dibersihkan dari gulma dan tanaman liar.

 

” Gulma seperti alang alang, rumput teki, semak dan pohon perdu disiangi sampai keakar akarnya. Gulma itu dibakar, abunya ditaburkan ke lahan sebagai kompos untuk kesuburan tanah. Gulma jangan dikubur, karena dikawatirkan akan munculnya hama seperti rayap dan semut,” ungkapnya.

 

Selain itu, katanya lagi, alang-alang dan rumput teki bisa tumbuh kembali apabila hanya dikubur di dalam tanah. Selain gulma, pohon pohon besar yang tumbuh di sekitar lahan.

 

Dengan adanya kegiatan itu tanaman Padi yang ditanam akan tumbuh dengan baik dan hasil yang akan dicapai petanipun akan melimpah. Hal ini tidak boleh lepas dari pengawasan Babinsa dan PPL karena dengan adanya pendamping Petani maka segala kendala yang dihadapi petani di lapangan akan terpecahakan,” ucap Serda Wardoyo

 

Di lokasi, pelaksanaan kegiatan pendampingan pertanian dengan ikut melakukan kerja membersihkan rumput di lahan padi  yang dilakukan oleh Babinsa sangat disambut baik Petani.