oleh

Peduli Kesehatan Warga, Babinsa Koramil 15/Bandar Pulau Dampingi  Puskesmas Berikan Penyuluhan ODF

-Militer-535 views

Asahan  |  Pada Kegiatan Koramil 15/Bandar Pulau jajaran Kodim 0208/Asahan Serda.Ikhwan Amansyah Bersama Petugas Kesehatan dari Puskesmas Rahuning Ibu Yanti dengan melaksanakan kegiatan Verifikasi/Penyuluhan tentang BAB sembarangan yang dilaksanakan bertempat di Kediaman Bapak Suparja umur 46 tahun yang teletak di Dusun 3 Desa Rahuning Kecamtan Rahuning Kabupaten Asahan, Selasa (26/11/2019).

 

Kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa Koramil Bandar Pulau Serda.Ikhwan Amansyah tersebut merupakan bentuk kepedulian Koramil  terhadap kesehatan khususnya warga masyarakat Kecamatan Rahuning, dimana Koramil sangat mendukung setiap upaya peningkatan kesehatan masyarakat yang salah satunya dengan penyuluhan kesehatan.

 

Serda.Ikhwan Amansyah  dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa Koramil 15/BPL selama ini sangat mendukung kegiatan kewilayahan yang dilakukan oleh Personil koramil , baik mengenai keamanan dan ketentraman wilayah, peningkatan produksi pertanian dan juga upaya meningkatkan kesehatan masyarakat.

 

“Sinergitas lintas sektoral dalam penyuluhan kesehatan diharapkan bisa mengatasi masalah kesehatan sampai ke lapisan paling bawah, terciptanya lingkungan yang sehat, masyarakat yang sehat juga generasi yang sehat” kata Ikwan

 

Menurut ibu yanti  Kepala Puskesmas rahuning mengatakan, Indonesia termasuk nomor 2  di dunia yang   BAB (Buang Air Besar) sembarangan setelah India. Kebiasaan masyarakat sangat membahayakan kesehatan karena mengakibatkan berbagai resiko penyakit. Dengan jamban yang sehat akan menekan resiko penyakit dan himbauan untuk punya jamban sendiri.

 

Penyakit TBC, hipertensi  juga masih ada di wilayah  Kecamatan Rahuning sehingga deteksi dini dan cegah dini sangat penting. “Semoga dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan penting sehingga kualitas kesehatan dapat terjamin guna mencetak generasi tunas muda harapan bangsa yang sehat dan berkualitas,” pungkas Ibu Yanti.