oleh

Pembuatan Jemuran Udang Oleh Warga Didampingi Babinsa Koramil 08/Pulau Buaya

-Militer-82 views

Tanjung Balai   |   Udang Rebon atau lebih dikenal sebagai udang papay (halus kering) salah satu hasil laut Tanjabbar yang dikelola nelayan. Proses pembuatannya tidaklah sulit, hanya mengandalkan panas matahari, dengan pengeringan seadanya.

Produksi udang papay ini tergantung dengan hasil tangkap dan cuaca panas. Jika musim panas, maka penjemuran udang popay berjalan lancar. Begitu juga dengan pengaruh cuaca di laut, jadi penentu hasil tangkapan nelayan, terutama udang rebon ini.

Dengan demikian, Babinsa Koramil 08/Pulau Buaya Kopda M. Butar Butar jajaran Kodim 0208/Asahan turut serta membantu warga Desa binaannya untuk membangun atau membuat tempat penjemuran Udang hasil tangkapan para Nelayan sekaligus warga Desa Binaan oleh Babinsa.

Kopda M. Butar Butar mengungkapkan usaha udang papay gampang-gampang sulit. Jika cuaca bagus, maka produksi berjalan lancar. Tapi jika musim penghujan, akan ada biaya tambahan.

Kalau musim hujan, terpaksa udang yang tidak kering dijemur disimpan lagi, dan didinginkan dengan es balok. Ada biaya lagi. Begitu cuaca panas, baru dijemur lagi. Begitu juga pengaruh cuaca di laut, hasil tangkapan juga kurang, otomatis produksi berkurang,” ujar Kopda M. Butar Butar.