oleh

Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 Terhadap Masyarakat Oleh Personel Jajaran kodim 0208/Asahan Bersama Polsek Bandar Pulo

-Militer-1 views

Asahan  |  Adanya penambahan data masyarakat yang terpapar Covid-19 di wilayah Asahan khususnya di daerah Kecamatan Aek Songsongan desa Bandar Selamat menjadi evaluasi bagi kita akan kondisi yang terjadi, dimana penambahan data tersebut dari hasil Swab yang dilakukan oleh pihak perkebunan PTPN III terhadap karyawannya pada 29 Nopember 2020 terdapat 15 orang yang positif Covid-19. Hasil swab sebelumnya juga dinyatakan 11 karyawan yang positif Covid-19.

Melihat data dan kondisi penyebaran virus covid-19 di wilayah binaan Koramil 15/BPL  ataupun wilayah hukum Polsek Bandar Pulo, Babinsa Koramil 15/BPL beserta Bhabinkamtibmas  yang dipimpin langsung oleh Wakapolsek Bandar Pulo bersinergi melakukan upaya penegakan disiplin agar Virus covid-19 tersebut tidak semakin luas menyebar di wilayahnya. Kegiatan yang dilakukan berupa pensiplinan, sosialisasi dan edukasi serta pembagian masker. Hal tersebut merupakan wujud atau bentuk kepedulian terhadap masyarakat binaannya agar kasus yang serupa tidak terjadi lagi. Senin (30/11/2020).

Ditemui di lokasi pendisiplinan prokes di Dusun 3 Desa Aek Songsongan Kecamatan Aek songsongan Kabupaten Asahan, Babinsa Koramil 15/BPL Sertu FihaTasyakurun menjelaskan kepada media, “Mengantisipasi adanya penambahan data masyarakat yang terpapar covid-19 di wilayah binaan kami, bahkan bisa dikatakan cukup signifikan penambahannya, Koramil 15/BPL bersinergi dengan Polsek Bandar Pulo untuk melakukan berbagai upaya sehingga penyebarannya tidak meluas sampai ke wilayah lain. Kegiatan yang kami lakukan dengan pihak Polsek berupa pendisiplinan, edukasi dan sosialisasi serta pembagian masker terhadap masyarakat.” ujarnya kepada media.

Lebih lanjut Wakapolsek Bandar Pulo Iptu J. Sitorus menyampaikan kepada media, bahwa “kasus karyawan yang terpapar covid-19 di Perkebunan PTPN III Bandar Selamat seharusnya tidak terjadi jika masyarakat mematuhi dan melaksanakan anjuran protokol kesehatan. Namun demikian kasus ini menjadi pembelajaran bagi kita atau masyarakat lainnya agar tetap mematuhi protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran virus covid-19. Diharapkan jumlah masyarakat yang terpapar covid-19 tidak lagi bertambah kedepannya, tentunya arahan yang disampaikan benar-benar dilaksanakan oleh masyarakat. Sesuai arahan pimpinan, kedepan pihak Kepolisian dan TNI akan semakin intensif melaksanakan upaya-upaya penegakan pendisiplinan, edukasi dan sosialisasi.” pungkasnya kepada media.

Sinergitas yang dilakukan oleh TNI dan Kepolisian menjadi contoh dan teladan bagi kita semua dalam upaya penanganan covid-19 untuk tujuan mempercepat pemutusan mata rantai penyebaran virus covid-19 sesuai dengan anjuran dan arahan Pemerintah. Namun upaya-upaya tersebut akan mencapai hasil yang maksimal jika seluruh komponen masyarakat mematuhi dan melaksanakan anjuran protokol kesehatan.