oleh

Pengusaha Kopra Di Dusun Vll Desa Kapias Didatangi Oleh Babinsa Koramil 08/Pulau Buaya

-Militer-500 views

Tanjung Balai   |   Minyak goreng tentunya sudah sangat kita  pahami penggunaannya dalam kehidupan kita sehari hari apalagi kultur kuliner masyarakat Indonesia tidak lepas dari yang namanya gorengan dan bahkan makan pun kalau tidak ada gorengan rasanya kurang lengkap. Tetapi tahukah kita dari mana asal muasal minyak goreng itu sampai di dapur kita?  dari buah apakah dia? bagaimana cara memproduksinya?.

Dulu minyak goreng adalah dibuat dari minyak kelapa dan Generasi nenek kita banyak yang memproduksi sendiri minyak goreng dari buah kelapa dengan alat alat yang sederhana, Tetapi sekarang Minyak goreng sebagian besar bukan lagi diproduksi dari minyak kelapa tetapi dari buah kelapa sawit dan sudah diproduksi dengan menggunakan Teknologi Modern.

Untuk proses pengolahan kopra yang nantinya akan diolah menjadi minyak goreng, bahan baku kelapa sangat mudah diperoleh dikarenakan struktur geografi di wilayah Tanjung Balai yang subur karena dekat dengan pantai sehingga sebagian besar penduduknya merupakan petani kopra.

Pada usaha kopra tersbut sudah dilaksanakan turun temurun, dengan memanfaatkan bahan baku yang mudah didapat serta terjangkau, dengan memanfaatkan bahan baku yang mudah didapat terutama di Dusun Vll Desa Kapias Batu Vlll Kecamatan Teluk Nibung Kabupaten Asahan.

Pada kesempatan tersebut Babinsa Koramil 08/Pulau Buaya Serda Edyanto mendatangi tempat pengolahan dan pengusaha pembuatan kopra, denganmendampingi serta memantau cara pengolahan kelapa tersebut untuk dijadikan kopra dan nantinya akan menjadi minyak goring yang terletak di Dusun Vll Desa Kapias Batu Vlll, Rabu (27/11/2019).

Kegiatan tersebut dengan anjangsana/komsos ketempat pengrajin/pengolah kelapa cungkil (Kopra) dikediaman Bapak Imron dan Ibu Sumita warga Dusun Vll Babinsa berharap dengan adanya anjangsana tersebut menjadikan ajang silaturahmi dan memantau situasi warga Desa binaannya sendiri.