oleh

Pentingnya Peran Personel Babinsa Jajaran Kodim 0208/Asahan Dan Masyarakat Dalam Memerangi Covid-19

-Militer-1 views

Tanjung Balai  |  Guna untuk memutus rantai penyebaran virus covid 19, dan memastikan protokol kesehatan diterapkan secara disiplin dan patuh oleh semua pihak Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo telah mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020. Dan untuk menindaklanjuti hal tersebut, maka Bintara Pembina Desa Koramil 17/Datuk Bandar jajaran Kodim 0208/Asahan turut serta melaksanakan pengawasan protokoler Kesehatan covid 19 kepada masyarakat dengan memberikan pemahaman New normal yaitu menggunakan masker setiap keluar rumah, cuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak. Kegiatan tersebut berlokasi di Jalan H.Husni Thamrin, Kelurahan Gading Kecamatan Datuk Bandar, Kota Tanjung Balai, Sabtu (19/09/2020).

Pada kesempatan itu, Babinsa Kopka Ja Simanungkalit menyampaikan pesan pesan keamanan lingkungan sekaligus mengajak warga untuk bersama sama mematuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker saat beraktifitas, menjaga jarak fisik antar warga dan sering sering mencuci tangan dengan sabun serta selalu menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Saat dimintai keterangan disela sela kegiatan, Kopka Ja Simanungkalit menyampaikan bahwa kegiatan pengawasan protokol Covid-19 tersebut sekaligus mensosialisasikan Inpres Nomor 6 Tahun 2020 untuk memastikan warga mentaati protokoler kesehatan guna untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19.

Selanjutnya Babinsa menyebutkan, “Dalam Inpres tersebut memuat empat poin yang diarahkan khusus, poin yang pertama agar Babinsa turut mendukung untuk melakukan pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan di masyarakat, kedua Babinsa bersama Polri dan instansi lain secara terpadu dengan pemerintah daerah menggiatkan patroli penerapan protokol kesehatan di masyarakat, ketiga melakukan pembinaan masyarakat untuk berpartisipasi dalam upaya pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan keempat mengefektifkan upaya penegakan hukum terhadap pelanggaran protokol kesehatan,” jelasnya. “Dengan adanya kegiatan seperti ini, kami sangat berharap masyarakat benar-benar sadar akan pentingnya protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 sehingga kita bisa segera keluar dari pandemi ini,” tutur Babinsa Kopka Ja Simanungkalit mengakhiri sesi konfirmasi.