oleh

Penyerahan Honor Kepada Pengali kubur, Bilal Mayid, Najir Mesjid Dan Perangkat Desa DIdampingi Personel Jajaran Kodim 0208/Asahan

-Militer-1 views

Asahan  |  Dalam rangka untuk mensejahterakan warga desa binaan, dalam hal ini Personel Bintara Pembina Desa (Babisna) Koramil 11/Simapng Empat jajaran Kodim 0208/Asahan Sertu Gara Fajar turun kewilayah desa binaan untuk turut serta mendampingi kegiatan Pemberian Honor yang bersumber dari ADD Kepada Pengali Kubur, Bilal Mayid, Najir Mesjid Dan Perangkat Desa, dalam pelaksanaan kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Aula Kantor Balai Desa, Desa Perkebunan Hessa Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Asahan, Jumat (11/06/2021).

Pada pelaksanaan kegiatan Pemberian Honor yang bersumber dari ADD Kepada Pengali Kubur, Bilal Mayid, Najir Mesjid Dan Perangkat Desa tersebut turut serta dihadiri oleh, Camat Simpang Empat Bapak Armansyah, Bhabinkatibnas Aiptu J. Purba, Kades Perkebunan Hesa, Bapak Tugiman, Perangkat Desa Perkebunan Hessa dan Penerima honor.

Pada kesempatan tersebut Babinsa Sertu Gara Fajar engungkapkan selain tenaga medis, ada sejumlah orang yang bekerja keras sepanjang waktu pada masa pandemi virus corona. Mereka adalah para petugas pemakaman jenazah Covid-19. Sehari-hari mereka bertugas menyiapkan lubang makam bagi korban Covid-19 dengan protokol kesehatan yang ketat. Dalam sehari mereka bisa menggali puluhan lubang, tergantung dari jumlah kematian hari itu. “Kita menyiapkan lubang paling sedikit 5 lubang, tapi kita pernah sampai 10 lubang gara-gara yang meninggal banyak. Itu rekor yang pernah kita lakukan,terangnya.

Salah satu penggali tersebut an Bapak Sukirman mengaku ketakutan terbesar dirinya bukan dari jenazah yang terpapar virus, namun dari para ahli waris, kerabat, dan teman yang mengantarkan jenazah. Menurutnya, jenazah yang telah dibawa ke permakaman telah melewati protokol yang ketat termasuk terbungkus plastik secara rapih. Apabila ada kerusakan para petugas berhak menolak jenazah untuk dimakamkan. Akan tetapi, para pengantar jenazah belum tentu aman dari virus tersebut, terangnya.