oleh

Penyuluhan di Desa Brohol Dari Dinas Peternakan Batubara Didampingi Personel Koramil 02/Air Putih

-Militer-110 views

Batu Bara   |  Peran aktif mendukung peternakan di wilayah Kabupaten Batubara, Babinsa Koramil 02/Air Putih Serda David turut serta melaksanakan giat mengikuti program peningkatan produksi ternak di Desa Brohol Kecamatan Sei Suka Kabupaten Batu Bara. Sabtu (02/11/2019).

Dalam kegiatan tersebut, Dinas Peternakan Kabupaten Batu Bara memberikan penyuluhan secara langsung kepada para peternak tentang penyakit hewan dan pakan ternak hewan yang ada di Kecamatan. Sei Suka yang dilaksanakan di Desa Brohol, Kabupaten Batu Bara,

Dikatakan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Dinas Peternakan Kabupaten Batu Bara, ada beberapa pertanyaan yang dikeluhkan dan disampaikan para peternak yang selama ini menjadi penyakit musiman serta penyakit ternak yang sering dialami oleh hewan ternak, diantaranya tentang penyakit gudik, gajahen, keracunan pakan, mencret, batuk pilek pada kambing, dan pengawetan pakan agar bisa bertahan lama. “ Selama ini banyak keluhan yang dialami oleh para peternak sapi dan kambing, namun karena keterbatasan informasi mereka sering salah dalam memberikan penanganan. Sehingga banyak hewan ternak yang dijual murah karena khawatir kalau mati,” ucapnya.

Sehingga melalui Penyuluhan ini pihaknya berharap masyarakat utamanya para peternak bisa mengatasi persoalan hewan ternak dan pakan ternak yang menjadi kebutuhan sehari-hari untuk bisa merawat dan mengembangkan hewan ternak di Kabupaten Batu Bara. “Tujuan utama kami adalah adanya peningkatan produksi hewan ternak yang sehat dan gemuk, untuk itu berbagai kendala seperti penyakit hewan dan ketersediaan pakan ternak harus bisa diatasi,” terang Kepala Bidang Kesmavet.

Serda David anggota Babinsa koramil 02/AP Kodim 0208/Asahan  juga ikut serta mendampingi bersama Narasumber dari Dinas Peternakan Kab. Batubara untuk penyuluhan tersebut.

Turut hadir dlm acara tersebut Kadis pertanian, peternakan dan perkebunan Batubara, Perwakilan dr Mentri pertanian dan peternakan, Kades Brohol, Babinsa, Perwakilan dari kelompok ternak se-Batubara.