oleh

Peran aktif Babinsa Koramil 08/Pulau Buaya Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa

-Militer-48 views

Tanjung Balai  |  Musrenbang merupakan agenda tahunan di mana warga saling bertemu mendiskusikan masalah yang mereka hadapi dan memutuskan prioritas pembangunan jangka pendek. Ketika prioritas telah tersusun, kemudian di usulkan kepada pemerintah di level yang lebih tinggi, dan melalui badan perencanaan (BAPPEDA) usulan masyarakat dikategorisasikan berdasar urusan dan alokasi anggaran.

Menggambarkan bagaimana warga saling berdiskusi memecahkan masalah konflik dan juga problem di masyarakat. Musrenbang, oleh karena itu, identik dengan diksusi di masyarakat / kelurahan tentang kebutuhan pembangunan daerah.

Seperti yang dilaksanakan oleh Perangkat Pemerintahan Kecamatan Tanjung Balai ,bertempat di Aula Desa Pematang Sei Baru Kecamatan Tanjung Balai Asahan Kabupaten Asahan dilaksanakan Rapat Musrenbang Desa, Kamis (09/01/2020).

Dihadiri oleh  Camat yang diwakili Kasikesos, Kades, Babinsa, Ketua BPD & anggota, Perangkat Desa, Kepala Sekolah MIS. serta Warga desa Pematang Sei Baru. Musrenbang ini membahas perencanaan pembangunan di Desa tersebut.

Dalam hal ini Serda Fauzi Nasution mengungkapkan “Sebagai aparat kewilayahan Babinsa harus dan wajib mengetahui rencana pembangunan di desa masing-masing sehingga bisa koordinasi dengan aparat desa tentang segala apa yang mungkin hambatan timbul dan langkah-langkah antisipasinya”ucapnya.