oleh

Peringati Kesaktian Pancasila Dilakukan Personil Jajaran Kodim 0208/Asahan Dengan Mengikuti Upacara Virtual

-Militer-2 views

Asahan  |  Dalam menunjukkan sikap hormat terhadap para pahlawan yang telah berjuan untuk Negara Republik Indonesia, maka Danramil dan anggota Koramil 10/Sei Kepayang jajaran Kodim 0208/Asahan, Babinsa Serda Thamrin melaksanakan/mengikuti kegiatan upacara secara virtual Peringatan Hari Lahir Pancasila 2021. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Sei Kepayang Tengah, Kabupaten Asahan, Selasa (01/06/2021)

Babinsa Serda Thamrin mengatakan peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 digelar terpusat di Monumen Pancasila Sakti Jakarta Timur, yang dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo. Kegiatan ini diikuti secara virtual oleh jajaran pemerintah termasuk jajaran Babinsa Asahan. Mengingat kondisi saat ini, pelaksanaan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 khususnya di Kabupaten Asahan dilaksanakan secara sederhana karena adanya situasi Pandemi Covid-19.

Dalam kesempatan itu Babinsa Serda Thamrin mengatakan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 berbeda dengan tahun sebelumnya dimana sekarang pelaksanaanya digelar secara virtual. ”Meskipun kegiatan digelar sederhana, namun tidak mengurangi makna dari momentum Hari Kesaktian Pancasila itu sendiri. Melalui momentum ini kita mengingat kembali sejarah bangsa, bagaimana ideologi Pancasila tetap bertahan meskipun mengalami rongrongan dari G30S PKI,” katanya. Lebih lanjut, ”kegagalan upaya mereka merubah ideologi menjadi Komunis nyatanya tidak berhasil, ini bagian dari kesaktian Pancasila yang begitu sakral bagi bangsa Indonesia, meskipun harus kehilangan para jenderal terbaik yang gugur sebagai pahlawan revolusi,” tandas Babinsa.