oleh

Personel Kodim 0207/Simalungun Hadiri  RBM Bersama BNN Kabupaten Simalungun

-Militer-3 views

Simalungun  |  Personel Bintara Pembina Desa Koramil 14/Raya jajaran Kodim 0207/Simalungun Serda Subrata turut serta mengikuti/menghadiri kegiatan RBM (Rapat Berbasis Masyarakat) bersama dengan BNN Kabupaten Simalungun yang dilaksanakan bertempat di Kantor Lurah Sondi Raya Kecamatan Raya Kabupaten Simalungun, Selasa (01/12/2020).

Ada beberapa tujuan yang dari kegiatan RBM ini. Meliputi, identifikasi masalah, memberikan edukasi, melakukan penjangkauan untuk mempermudah akses layanan, memberikan dukungan kesehatan dan sosial serta spiritual.

Kemudian, melakukan rujukan ke layanan, melibatkan keluarga agar turut serta menjamin bahwa layanan rehabilitasi bisa terus berjalan. Agen pemulihan lanjut dia, akan bertugas menerima laporan dari masyarakat. “Klien-klien yang telah menyelesaikan terapi agar tetap dimonitor untuk menjaga pemulihan. Adanya program agen pemulihan mempunyai tugas yang terbagi dalam pemantauan, pendampingan serta bimbingan lanjut. Kegiatan tersebut akan dijalankan oleh masing-masing agen pemulihan yang dilatih dan diberi pelatihan,”.

Kompol Suhana Sinaga SKom MSi. menambahkan, tantangan kedepan adalah upaya memberdayakan perangkat desa dalam RBM ini seperti babinsa dan babinkamtibmas. “Diharapkan semua elemen masyarakat mampu menjadi agen pemulihan untuk menghindarkan diri, keluarga serta lingkungan sekitarnya agar tidak terpengaruh untuk menggunakan narkotika,” tutup dia.