oleh

Personil Babinsa Koramil 02/Air Putih Cabut Hama Rumput Liar Pengganggu Tanaman Padi

-Militer-32 views

Batu Bara  |  Upaya khusus (Upsus) terhadap petani terus digeber oleh Babinsa Koramil 02/Air Putih jajaran Kodim 0208/Asahan Sertu Ady Sutrisno melaksanakan giat  pendampingan pok tani membantu Bapak Rajiman mencabut rumput yang tumbuh di sela-sela tanaman padi di sawah seluas 5 rante yang berlokasi di Desa Tanjung Mulya Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara, Senin (17/02/2020).

Dikatakannya, kegiatan mencabut rumput pada tanaman padi dilaksankan dengan tangan agar padi tidak rusak. Gulma sejenis rumput tanaman liar yang tumbuh di sawah, biasanya gulam itu tumbuh disela-sela batang padi.

“Bila gulma atau rumput liar terus dibiarkan maka dia akan berkembang biak, secara otomatis padi akan terganggu. Bila sudah seperti itu, sangat mengganggu pertumbuhan padi yang sudah satu bulan ditanam,” ungkapnya.

Biasanya petani pasti mengeluarkan biaya untuk mengatisipasi tumbuhnya gulma. Maka dari itu, selaku Bintara Pembina Desa (Babinsa) sudah kewajiban membantu semua petani seperti pada poktan di Desa Tanjung Mulya Kecamatan Air Putih Kabupaten  Batubara.

“Segala pekerjaan akan menjadi ringan bilamana dikerjakan secara bersama-sama. Hal itu, tentu tak selesai dalam satu hari, namun harus secara berkala dibersihkan biar padi tetap subur dan akan menghasilkan tanaman yang berkualitas,” tukasnya.