oleh

Personil Jajaran Kodim 0208/Asahan Hadiri Rakorpem Penanganan Covid-19

-Militer-2 views

Asahan  |  Guna membahas penanganan pencegahan penyebaran Covid 19 dan pengaktifan posko PPKM skala Mikro di desa, Danramil 11/Simpang Empat jajaran Kodim 0208/Asahan, Kapten Inf Endar Siregar beserta 2 orang Babinsa menghadiri Rakorpem Kecamatan Teluk Dalam yang bertempat di Kantor Camat Teluk Dalam, Kabupaten Asahan, (03/06/2021).

Camat Teluk Dalam Bapak Umar Simangunsong SP menyatakan, posko di tingkat kelurahan atau kampung diperlukan sebagai sarana dalam upaya pengendalian pandemi Covid-19 agar lebih tepat sasaran di tingkat mikro. “Posko sebagai pusat perencanaan, koordinasi, pengendalian, dan evaluasi kegiatan penanganan Covid-19 dalam skala mikro, dilaksanakan dengan pendekatan kesepakatan, komunitas, gotong royong, kompak, dan adaptif,” jelasnya. Bapak Umar Simangunsong SP menjelaskan, posko penanganan Covid-19 di tingkat kelurahan atau kampung memiliki empat aspek penting, yakni pencegahan, penanganan, pembinaan, dan pendukung. Aspek pencegahan terdiri dari sosialisasi, penerapan 3M, serta pembatasan mobilitas. Aspek penanganan mengimplementasikan 3T, yaitu testing, tracing, dan treatment hingga penanganan dampak ekonomi lewat bantuan langsung tunai (BLT) kelurahan atau kampung.

Aspek pembinaan berupa upaya penegakan disiplin dan pemberian sanksi. Lalu, aspek pendukung yang terdiri pencatatan dan pelaporan, dukungan komunikasi, serta logistik,”. Pembentukan posko tersebut dipimpin oleh lurah atau kepala kampung di mana salah satu tugasnya adalah menilai status zona wilayahnya. “Dari penilaian zonasi, maka lurah/kepala kampung dapat menentukan tindakan pengendalian yang sesuai. Kriteria zonasi terdiri dari zona hijau, kuning, oranye, dan merah,”. Selain itu, pimpinan posko juga memiliki tugas, yaitu menentukan struktur dan sumber daya manusia (SDM).

Babinsa, sebagai aparat kewilayahan Babinsa membantu aparatur kelurahan/kampung di wilayah binaan masing-masing sehingga bisa koordinasi dengan aparat Kampung tentang segala apa hambatan yang mungkin timbul dan langkah-langkah antisipasinya. Hadir dalam kegiatan tersebut ialah Camat Teluk Dalam Bapak Umar Simangunsong SP, Kapolsek Simpang Empat AKP Cahyandi SH, Danramil 11/Simpang Empat Kapten Inf Endar Siregar, mewakili Kapuskesmas, Kepala Kua Teluk Dalam, para Kades se-Kecamatan Teluk Dalam, Tomas, dan Toga.