oleh

Personil Jajaran Kodim 0208/Asahan Laksanakan Komsos Dengan Pengguna Vespa

-Militer-3 views

Asahan  |  Menjalin silahturahmi dengan masyarakat, maka Koramil 15/Bandar Pulau jajaran Kodim 0208/Asahan, Serka Dody Setiawan melaksanakan Komsos di Jalan Lintas Sigura-gura Kecamatan Aek Songsongan Kabupaten Asahan, (10/06/2021).

Serka Dody Setiawan lakukan komsos terhadap club’ sepeda motor vesva yang sedang beristirahat di SPBU Aek Songsongan yang rencananya akan melintas ke Kabupaten Tobasa, supaya tetap melaksanakan prosedur keamanan berkendara mulai dari kelengkapan surat-surat kendaraan, untuk tetap memakai helm, tidak ugal-ugalan dalam berkendara dan mengingatkan untuk memperhatikan prosedur Kesehatan agar tetap memakai masker.

Ajakan untuk berbuat kebaikan terkadang menuai cibiran, bahkan penolakan. Kecenderungan melakukan hal-hal diluar tatanan malah sering dilakukan, dengan berbagai dalih sebagai alasannya. Meskipun demikian, tidak serta merta membuat Babinsa Serka Dody Setiawan yang turun mengimbau menjadi kecil hati dan kendur dalam pelaksanaan tugasnya. Bahkan sebaliknya menjadi tantangan tersendiri sebagai suport untuk melakukan ajakan, penertiban dan pendisiplinan secara terus menerus.

Dandim diwakili Danramil melalui Babinsa mengatakan, “Meski masih ada yang belum mematuhi prokes, tetap saya lakukan upaya untuk mengingatkan dan mengajak mereka untuk mentaati prokes. Hal ini dilakukan agar sama-sama terjaga dan terhindar dari virus covid-19.” ujar Babinsa Serka Dody Setiawan saat ia mengikuti kegiatan komsos bersama. Menurutnya dalam setiap kegiatan patroli ada saja masyarakat yang kedapatan tidak mematuhi prokes, dengan berbagai alasan, terutama penggunaan masker. Mindset inilah yang coba dirubah agar tumbuh kesadaran bukan atas dasar paksaan. Danramil membenarkan adanya Babinsa yang mengikuti giat patroli. Selain atas permintaan gugus tugas, juga karena panggilan moral sebagai seorang Babinsa yang mempunyai naluri kemanusiaan.

Ia berpendapat bahwa untuk memutus rantai penyebaran covid-19, penerapan prokes harus terus ditegakkan. Ke depan harus dicari formula ataupun teknik penanganan yang tepat agar masing-masing individu menyadari akan pentingnya prokes. “Tanpa ada paksaan dan tumbuh kedisiplinan dari dalam diri masing-masing merupakan bentuk kepatuhan masyarakat terhadap pandemi seperti ini,” pungkasnya.