oleh

Personil Koramil 05/Serbelawan Hadiri Pemilihan Maujana di Nagori Bahung Huluan

-Militer-38 views

Simalungun  |  Personel Koramil 05/Serbelawan jajaran Kodim 0207/Simalungun Serda Suriyaji melaksanakan kegiatan menghadiri Undangan Pembentukan MAUJANA periode 2020-2026 yang bertempat di Nagori Bahung Huluan Kecamatan Dolok Batunanggar Kabupaten Simalungun, Rabu (12/02/2020).

Serda Suriyaji mengatakan Pemilihan Partuha Maujana Simalungun (PMS) adalah lembaga adat budaya masyarakat Simalungun. Masyarakat Simalungun yang dimaksud di si adalah orang-orang yang memiliki AHAB Simalungun di manapun mereka berada, dengan kata lain masyarakat Simalungun adalah orang-orang yang menerima dan menghidupi adat budaya Simalungun. Ketua Presidium Partuha Maujana Saat ini adalah DR. Jopinus Ramli Saragih, SH, MM  (Bupati Simalungun).

Kembali ke Maujana ( BPD ) menurut wikipedia BPD merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. BPD dapat dianggap sebagai “parlemen”-nya desa. BPD merupakan lembaga baru di desa pada era otonomi daerah di Indonesia.

Turut hadir dalam acara pembentukan maujana yaitu  Pangulu Bahung Huluan Bpk Widodo. Sekdes Bahung Huluan  Ibu Ikawati.Tokoh Agama Bpk Suardi.Tokoh Masyarakat Bpk Ngatimen. Ketua LPM Bpk Sunarman.  Seluruh Gamot Bahung  Huluan.