oleh

Personil Koramil 06/Kisaran Komsos Di Pabrik Tapioka

-Militer-47 views

Tanjung Balai  |  Personil Koramil Kisaran 06/Kisaran Kodim 0208/Asahan Serda Sugianto  melaksanakan anjangsana di Pabrik Tepung Tapioka bertempat di jalan prof HM Yamin Kisaran Naga Kecamatan Kisaran Timur Kabupaten Asahan, Sabtu (08/02/2020).

Babinsa Serda Sugianto  mengatakan, Kita harus melakukan terobosan-terobosan baru di bidang pertanian sehingga petani tidak hanya bergantung pada subsektor perkebunan saja. Kita harus mengoptimalkan potensi lahan yang ada untuk dikembangkan seperti subsektor tanaman pangan, jelas Babinsa.

Apalagi saat ini daerah Asahan kekurangan Ubi Singkong ,oleh sebab itu babinsa  mengimbau masyarakat petani untuk menggiatkan budidaya singkong. Imbauan itu diutarakan mengingat saat ini produksi singkong petani di Asahan  belum bisa memenuhi kebutuhan industri. Salah satunya, pabrik tapioka di jalan prof HM Yamin  kisaran naga, juga kekurangan bahan baku.

Pabrik itu berkapasitas olah 400 ton per hari. Sementara pasokan bahan baku singkong per hari hanya 70-80 ton saja. Jadi ada kekurangan bahan baku sekitar 300 ton lebih setiap hari,” katanya, pekan lalu.

Babinsa Kisaran Serda Sugianto   menegaskan bahwa usaha terkait singkong memiliki prospek bagus. Ia juga berharap Pemprov Sumut bersama Pemkab dan Pemkot bisa ikut berperan aktif menggelorakan semangat petani singkong. Saat ini, harga beli sampai di pabrik Rp 1.200 per kilogram (kg).