oleh

Serka Bambang Suriyanto Hadiri Musyawarah Validasi Basis Data Terpadu (BDT) di Kantor Kelurahan Pematang Tanah Jawa

-Militer-57 views

Simalungun  |  Koramil 10/Balimbingan  kodim 0207/Simalungun  Serka Bambang Suriyanto melaksanakan kegiatan Musyawarah Validasi Basis Data Terpadu (BDT)  dan Kelompok Masyarakat di Kantor Kelurahan Pematang Tanah Jawa Kecamatan Tanah Jawa, Sabtu (14/12/2019)

Lebih lanjut bisa dijelaskan bahwa Basis Data Terpadu (BDT) adalah sistem data elektronik yang berisi nama, alamat, NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan keterangan dasar sosial ekonomi rumah tangga dan individu dari sekitar 20 juta rumah tangga di Indonesia.  BDT diperoleh dari hasil PPLS 2019  telah menjadi acuan utama penetapan sasaran program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan dalam skala nasional maupun daerah (Asron Da Finsie).

Musyawarah desa ini mempunyai agenda utama melakukan verifikasi dan memvalidasi nama-nama warga Kelurahan Pematang Tanah Jawa yang sudah terdaftar dalam BDT dan mengajukan usulan nama-nama warga desa yang belum masuk terdaftar dalam BDT. Hal ini bertujuan untuk meminimalkan kesalahan data penerima bantuan sosial dari pemerintah dan agar bisa lebih tepat sasaran.

Elemen masyarakat tampak menghadiri musyawarah desa ini, yaitu dari unsur pemerintah desa, anggota BPD, Ketua RT, Ketua RW, Tokoh Masyarakat dan Pendamping Sosial yang dalam hal ini adalah Pendamping PKH dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK).

Musyawarah desa berjalan secara demokratis dan kekeluargaan. Peserta aktif menyampaikan usulan dan pendapat terkait verifikasi dan validasi data BDT.

Turut hadir dalam kegiatan sebagai berikut  Lurah Pematang  Tanah Jawa    Ibu Kresensia Sinaga, SH. Bhabinkamtibmas Bripka J. Tampubolon.  Ketua LPM Bapak Sangga Pardede. Seluruh Perangkat Kelurahan Pematang. Tanah Jawa. Kepling 1.2.3 dan Kepling 4.