oleh

Sosialisasi Jamban Sehat, Babinsa Koramil 06/Kisaran dan Dinkes  Datangi Warga

-Militer-111 views

Asahan | Babinsa Koramil 06/Kisaran jajaran Kodim 0208/Asahan sertu M Fitro melaksanakan kegiatan sosialisasi pentingnya punya jamban dengan pihak dinas kesehatan bapak selamet dengan warga masyarakat kelurahan kisaran barat di jalan badak lk 4 tepatnya di halaman rumah pak adi. hasil yg dicapai agar terciptanya suasana bersih, sehat dan nyaman kalo kita mempunyai jamban, Kamis (24/10/2019)

Sertu M Fitro dan Dinas kesehatan Bapak Selamet  mengatakan pihaknya saat ini sedang fokus mensosialisasikan kepada masyrakat tentang Jamban sehat. Menurutnya selama ini prilaku untuk hidup lebih sehat masyrakat masih banyak yang buang air besar (Bab) ditempat-tempat yang belum layak dan tidak  sehat.

Bapak Selamet menambahkan bahwa saat sosialisasi pihaknya juga menjelaskan kepada masyrakat untuk berprilaku hidup sehat itu tidak harus yang mahal artinya jika warga tidak mampu membuat jamban itu tidak harus permanen yang membutuhkan uang banyak,tetapi cukup menutup lubang pembuangan seperti halnya closed.

‘Jadi masih banyak  masyarakat  membuang air di aliran sungai atau membuat Wc Cemplung dan kita bersyukur selama sosialisasi masyrakat mengerti dan berjanji akan membuat jamban yang lebih sehat,” ungkapnya

Beliau berharap kedepan masyrakat  bisa hidup lebih sehat dan Jamban yang digunakan harus yang baik dan memenuhi syarat sehingga bau dari jamban tidak tercium.  Secara tersendiri dan ditempatkan di luar atau di dalam rumah dan berfungsi untuk buang air besar. “Pembuangan tinja perlu mendapat perhatian khusus karena merupakan  satu bahan buangan yang banyak mendatangkan masalah dalam bidang kesehatan dan sebagai media bibit penyakit, seperti diare, typhus, muntaber, disentri, cacingan dan gatal-gatal. Selain itu dapat menimbulkan pencemaran lingkungan pada sumber air dan bau busuk serta mengganggu lingkungan” tutupnya.