oleh

Sukseskan Swasembada Pangan Babinsa Kodim 0208/Asahan  Bantu Warga Panen Padi

-Militer-52 views

Batu Bara  |  Babinsa Koramil 01/Medang Deras Kodim 0208/Asahan Serda Herianto melaksanakan kegiatan membantu petani Panen padi dilahan Bapak J. Malau  di Desa Durian luas 14 rante Poktan Karya Tani Kapoktan Boiman Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara, Kamis (23/01/2020).

Panen padi ini dilakukan secara manual dengan bantuan tenaga buruh tani dari desa sekitar dan langsung dirontokan menggunakan alat perontok padi tradisional milik petani,” ungkap Babinsa Serda Herianto.

Sesuai pengamatan Babinsa, panen padi di lokasi tersebut, diprediksikan mampu menghasilkan gabah kering panen (GKP) sebanyak 3,3 ton, berarti dalam satu hektar produksi padi yang dihasilkan mencapai 7,6 ton. “Sementara harga GKP saat ini ditingkat petani pada kisaran Rp 4.600,-  per kilogram, dan harga gabah kering giling (GKG) mencapai Rp 4.800, – s.d. 5.000,-, terangnya.

Pada kesempatan berbeda, Danramil 01/MD Kapten Inf A. Zebua , aktivitas pendampingan pertanian merupakan upaya khusus ketahanan pangan guna membantu petani di wilayah binaan dalam meningkatkan dan mewujudkan swasembada pangan sesuai yang diprogramkan pemerintah. “Pendampingan ini merupakan bentuk dukungan Satuan Komando Kewilayahan termasuk Koramil guna membantu petani dalam mewujudkan swasembada pangan sehingga tercapai ketahanan pangan di wilayah,” ungkap Danramil.