oleh

Suksesnya Swasembada Pangan, Babinsa Bantu Petani Basmi Gulma Disawah

-Militer-528 views

Asahan  |  Babinsa Koramil 13/Bandar Pulau Kodim 0208/Asahan Koptu Juliono mencabut dan membersihkan tanaman pengganggu (gulma) pada tanaman padi milik Bapak Rusdi yang terletak di Desa Bangun Sari Kecamatan Setia Janji Kabupaten Asahan, Senin (25/11/2019).

Koptu Juliono menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara tradisional dengan tangan agar tidak merusak tanaman padi dan pembersihan gulma dilakukan saat umur tanaman padi mencapai 30 hari agar tanaman padi tumbuh normal. Gulma adalah sejenis rumput/tanaman liar yang tumbuh pada persawahan, biasanya gulma banyak tumbuh subur pada sela-sela atau di antara tanaman padi. Keberadaan gulma ini menjadi gangguan pada tanaman khususnya tanaman padi, tanaman menjadi tidak dapat menghasilkan secara maksimal.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh para Babinsa di wilayah binaannya  Koramil 13/BP, petani biasanya mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk melakukan penanggulangan dan penyiangan gulma, dengan adanya Babinsa yang turun tangan membuat para petani tersenyum bahagia, karena ditengah-tengah cuaca yang panas Bapak-Bapak Babinsa mau ikut membantu,” ujar Bapak Rusdi.