oleh

Tanamkan Cinta Tanah Air, Dandim 0203/Lkt Letkol Inf Wisnu Joko Saputro edukasi Wawasan Kebangsaan kepada Murid Murid SD

-Militer-145 views

Binjai – Menurunnya sikap Patriotisme dan Cinta Tanah Air Bangsa dan Negara pada Generasi Penerus Bangsa, Dandim 0203/Lkt Letkol Inf Wisnu Joko Saputro memberikan pembekalan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada murid-murid SD yang hadir dalam Peresmian Kampung Pancasila. Sabtu ( 12/3/2022).

Pada kesempatan itu, Dandim 0203/Lkt Letkol Inf Wisnu Joko Saputro menyampaikan, bahwa sikap dan perilaku sebagai warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI haruslah berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Terkait hal itu, untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa dan Negara kesadaran bela negara itu pada hakikatnya kesediaan berbakti pada negara dan kesediaan berkorban membela negara. ”Spektrum Bela Negara itu sangat luas, dari yang paling halus hingga yang paling keras. Mulai dari hubungan baik sesama warga negara sampai bersama sama menangkal ancaman nyata musuh bersenjata,”ujarnya.

Ditambahkan juga, bahwa sebagai warga Negara dalam upaya bela Negara memiliki tiga prinsip, yakni Kedaulatan Negara, Keutuhan Wilayah, Keselamatan Bangsa. Juga memiliki lima Unsur yaitu Cinta Tanah Air, Sadar Berbangsa dan Bernegara, Yakin Pancasila sebagai Falsafah dan Ideologi Negara, Rela berkorban untuk bangsa dan negara serta Kemampuan awal bela Negara, seperti yang telah dilandaskan pada Yuridis UUD 1945 pasal 27 (3). ”Yaitu setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara, dan juga pada Pasal 30 (1), yakni tiap tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan Negara,” tutupnya saat memberikan materi wawasan Kebangsaan.

 

Berita Lainnya