oleh

Tertibkan Pengunjung Pasar Agar Patuhi Protokol Kesehatan Oleh Personel Jajaran Kodim 0208/Asahan

-Militer-2 views

Batu Bara  |  Upaya memantau kegiatan warga mencegah penularan Virus Corona, Babinsa Koramil 03/Lima Puluh jajaran Kodim 0208/Asahan, Sertu Agus Fajar turut serta mengadakan kegiatan penertiban penggunaan masker bagi pengunjung pasar baik penjual maupun pembeli di pasar pagi Karanganyar, dilanjutkan dengan Sosialisasi kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, yang dilaksanakan di Desa Simpang Gambus, Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara, Selasa (01/09/2020).

Kegiatan ini merupakan sebuah upaya penertiban bagi warga masyarakat baik itu penjual maupun pembeli di pasar tradisional tersebut yang tidak patuh dalam kewajiban pemakaian masker. Kegiatan ini juga didasari karena banyaknya pengunjung pasar yang mengabaikan himbauan menggunakan masker. Sertu Agus Fajar menuturkan “Kegiatan penertiban penggunaan masker ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker untuk mencegah penularan virus corona dan memutus mata rantai penularan virus Covid-19 di wilayah Koramil 03/Lima Puluh. Mau bepergian dekat maupun jauh ya wajib pakai masker. Demi keselamatan kita semua,” tutur Babinsa.

Pemerintah tidak mengharuskan masyarakat memakai masker bedah. Masyarakat justru diminta menggunakan masker kain, karena masker kain dapat digunakan berulangkali setelah dipakai untuk segera dicuci. Sementara masker bedah yang sekali pakai ditujukan hanya untuk petugas medis. “Gunakan masker kain karena kita tidak pernah tahu orang tanpa gejala pun bisa menjadi sumber penyebaran penyakit, ketika kita di luar rumah,” himbau Sertu Agus Fajar kepada warga pasar.

Ia menilai pemahaman warga akan bahaya Covid-19 masih terbatas. Hal itu disampaikannya menanggapi sejumlah pengunjung pasar yang tidak memakai masker. Selain itu, Babinsa Sertu Agus Fajar juga mensosialisasikan serta menjelaskan cara menggunakan masker kain. Masker kain itu harus selalu dicuci setiap kali selesai digunakan di luar rumah. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus COVID-19. “Masker kain bisa dicuci. Masker kain digunakan tidak lebih dari empat jam. Rendam masker kain yang telah dipakai di air sabun, lalu dicuci,” imbuhnya. Adapun instansi yang ikut dalam kegiatan tersebut ialah Bapak Camat Kecamatan Lima Puluh, Bapak Kades Simpang Gambus, Ibu Ibu PKK, Dinas Perhubungan, beserta Satpol PP.