oleh

Tingkatkan Pangan, Babinsa Koramil 01/Siantar Utara Dampingi Pok Tani Budidaya Ikan

-Militer-551 views

Pematang Siantar | Saat ini orang orang sudah semakin cerdas dengan memaksimalkan keadaan yang ada agar bisa lebih efektif dengan cara paling efisien, salah satunya adalah dengan membuat kolam ikan dilahan yang sempit namun bisa menghasilkan. Babinsa  Koramil 01/Siantar utara Kodim 0207/Sml, Korem 022/PT Serda Saji melaksanakan giat Hanpang mendampingi Kelompok Tani Rindung Bawah membantu memberi makan dan mengecek perkembangan bibit ikan Nila dan ikan Mas milik Bpk Tomson Simarmata seluas 5 Rante, di Kelurahan Pondok Sayur Kecamatan Siantar Martoba. Selasa (26/11/2019).

 

Serda Saji  mengatakan Selain nilai gizi serta beragam manfaatnya untuk konsumsi, ikan nila juga memiliki poin penting di sektor ekonomi sebagai peluang usaha ternak yang sangat menjanjikan oleh warga P.siantar.

 

Bapak Tomson Simarmata  mengatakan Benih ikan nila dapat dibeli di Dinas Perikanan setempat atau toko-toko benih ikan. Benih yang baik memiliki ukuran 5—10 cm. Benih dipilih yang sehat dengan cara memerhatikan kelincahan mereka saat bergerak. Selanjutnya, periksa sistem pengisian dan pembuangan air sesudah kolam dikeringkan lagi dan pinggiran kolamnya diperkuat.

 

Setelah berumur 6 bulan, ikan nila dapat dipanen dengan berat berkisar 400—600 gram sehingga telah layak dikonsumsi. Beberapa ikan nila jantan dan betina yang sehat dipilih dan dipisahkan ke dalam kolam tersendiri untuk pembibitan.