oleh

Tingkatkan Swasembada Pangan Babinsa Koramil 01/Medang Deras Bantu Petani Olah Lahan Sawah

-Militer-63 views

Batu Bara  |  Persiapan lahan merupakan salah satu faktor terpenting yang perlu dilakukan dalam memulai usaha budi daya padi. Persiapan lahan yang baik, berpengaruh besar terhadap produktivitas tanaman. Banyak penelitian menunjukkan dengan melakukan persiapan lahan sebelum melakukan usaha budi daya bisa meningkatkan hasil panen hingga 30 persen.

Pada kesempatan ini Babinsa Koramil 01/Medang Deras jajaran Kodim 0208/Asahan Serda Hasanuddin melaksanakan pendampingan pengolahan lahan sawah dengan membajak sawah menggunakan Alat Mesin Tani (Alsintan) jenis Traktor milik Bapak M. Silalahi dengan luas lahan 15 rante, bertempat di Desa Sei Raja Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara, Rabu (26/02/2020).

Dalam kegiatan tersebut Serda Hasanuddin mengatakan,  “Walaupun Alat Mesin Tani ini bisa mempercepat dalam pengolahan tanah, penanaman dan memanen belum tentu semua petani dapat mengoprasikan alat modern tersebut tentunya butuh tenaga ahli yang sudah mahir untuk mendampingi atau mengajarkan cara pengoprasian alat tersebut,” tuturnya.

Sementara itu Bapak M. Silalahi selaku pemilik sawah mengucapkan terima kasih pada Prajurit TNI khususnya Babinsa Koramil 01/Medang Deras yang sudah ikut serta membajak sawahnya, sehingga kami para petani semakin bersemangat untuk percepatan masa tanam, “Semoga hasil panen kami nanti akan semakin melimpah,” ucap Bapak M. Silalahi.