oleh

Untuk Mengantisipasi Banjir Dimusim Penghujan, Personel Jajaran Kodim 0208/Asahan Ajak Warga Gotong Royong Bersihkan Pinggiran Sungai

-Militer-2 views

Batu Bara  |  Dalam menghadapi musim hujan, memang pembersihan sungai merupakan bagian kerja yang sangat vital, karena kegagalan penanganan bisa berakibat fatal terhadap warga bisa mengakibatkan banjir.

Seperti halnya yang dilaksanakan oleh Personel Bintara Pembina Desa Koramil 02/Air Putih jajaran Kodim 0208/Asahan Serka L Marpaung, Serda Dedi A dan Serda Anwar Sadat turun langsung kewilayah desa binaan untuk melaksanakan kegiatan gotong royong dengan membersihkan tumpukan sampah yang terletak di pinggir sungai Dalu Dalu, bersama warga masyarakat Desa Pematang Panjang Kecamatan Air Putih Kabupaten Asahan, Kamis (03/12/2020).

Dalam pelaksanan Gotong royong tersebut turut serta dihadiri oleh, Camat Air Putih, Kades Pematang Panjang, Babinsa dan Warga Masyarakat Desa Pematang Panjang Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara. Warga merasa berterima kasih dan sangat senang dengan adanya kegiatan ini.

Disel-sela kegiatan tersebut Serka L Marpaung mengatakan, pihaknya bersama warga bergotong royong membersihkan sampah plastik yang mengendap di sepanjang Sungai dengan bersama warga mengangkat endapan sampah serta rumput-rumput liar yang menyumbat dan bisa mengakibatkan banjir serta pencemaran sungai. “Pembersihan sungai ini sebagai langkah awal antisipasi dan penanggulangan pencemaran sungai serta terjadinya banjir akibat banyaknya endapan sampah yang menutupi permukaan aliran sungai.

Gotong royong pembersihan aliran sungai sangat penting agar sungai tidak tersumbat oleh sampah dan tumbuhan di pinggiran sungai. Apabila aliran sungai tersumbat di musim penghujan seperti ini, maka air sungai akan meluap dan membanjiri perumahan di sekitar sungai” tutup Babinsa Serka L Marpaung.