oleh

Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun Didampingi Langsung Oleh Personel Jajaran Kodim 0208/Asahan

-Militer-105 views

Asahan  |  Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun diwilayah binaan dalam hal ini Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyaksikan langsung vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun yang dilaksanakan diseluruh wilayah Indonesia, dalam hal in seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 11/Simpang Empat jajaran Kodim 0208/Asahan Sertu Azwar turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan pendampingan vaksianasi covid 19 dosis ,l dan dosis ll, Sebelum pelaksanaan vaksin Babinsa terlebih dahulu memberikan pengarahan kepada siswa/i untuk tetap semangat dan tidak perlu takut serta harus makan dahulu dan setelah divaksin perbanyak istirahat serta minum air putih, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di SD Negeri 010035 Desa Simpang Empat Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Asahan, Sabtu (19/02/2022).

Tak sekadar menyaksikan, Babinsa juga turut memberikan semangat kepada anak-anak yang akan divaksinasi Covid-19. Mulai dari berbincang hingga bernyanyi bersama seraya menenangkan anak-anak agar tidak menangis saat disuntik. Jumlah anak yang akan divaksin, Babinsa menegaskan bahwa vaksinasi anak usia 6-11 tahun merupakan langkah positif dari pemerintah dalam rangka melindungi anak dari Covid-19. Selain itu, untuk meningkatkan rasa percaya diri orang tua ketika anak akan memulai pembelajaran tatap muka di sekolah. “Jadi yang penting kita harus dukung vaksinasi anak 6-11 tahun ini. Karena ini terutama untuk meningkatkan percaya diri orang tua untuk menyekolahkan anaknya sehingga tidak khawatir lagi karena sudah terlindungi oleh vaksin Covid-19,” tutur Babinsa.

Penyuntikan vaksin kepada anak usia 6-11 tahun dilakukan dengan intramuskular atau injeksi ke dalam otot tubuh di bagian lengan atas dengan dosis 0,5 mili. Vaksinasi diberikan sebanyak 2 kali dengan interval minimal 28 hari. Sebelum pelaksanaan vaksinasi harus dilakukan skrining dengan menggunakan format standar oleh petugas vaksinasi. Adapun pelaksanaan vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun didasari telah terbitnya rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (Indonesian Technical Advisory Group on Immunizational/ ITAGI) perihal kajian vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun dan sudah adanya Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM untuk penggunaan vaksin Sinovac bagi anak usia 6-11 tahun. “Vaksin ini sudah mendapatkan status EUA dari BPOM dan BPOM sudah mengkaji sudah sangat lama. Bahkan izin ini sudah dikeluarkan BPOM jauh-jauh hari, jadi insya Allah aman,” tandas Babinsa Sertu Azwar.

Berita Lainnya