oleh

Warga Dibantu Babinsa Koramil 01/Medang Deras Gotong Royong Bersihkan Saluran Irigasi

-Militer-54 views

Batu Bara  |  Babinsa Koramil 01/Medang Deras jajaran Kodim 0208/Asahan Serda Imam Prayetno bersama warga melaksanakan Karya Bakti pembersihan saluran pembuangan air dalam rangka memperlancar jalannya air ke persawahan warga yang terletak di Desa Pakam Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara, Minggu (01/03/2020).

Suasana akrab dan penuh kebersamaan saat Babinsa Serda Imam Prayetno terjun langsung dengan mengayunkan cangkul bersama warga lainnya. Begitu nampak kompak Babinsa dan warga dalam membersihkan saluran pembuangan air itu. “Ini kita lakukan pembersihan sekaligus pengerukan sampah dan pengerukan endapan akibat pendangkalan, mereka terlihat penuh semangat membersihkan rumput liar dan sampah yang menghalangi jalur pembuangan air ini, meski dengan peralatan yang ada, namun hasilnya cukup menggembirakan. Kegiatan yang dilakukan dengan cara gotong royong ini merupakan wujud sinergitas masyarakat dan Babinsa dalam perannya menjaga kebersihan lingkungan terutama di wilayah binaannya”. tutur Serda Imam Prayetno.

Lebih lanjut Serda Imam Prayetno mengatakan, “Pembersihan ini tepat dilakukan saat belum datangnya musim hujan, sebab jika hujan sudah turun belum sempat dibersihkan maka akan berbenturan dengan musim tanam warga. Alhamdulillah pembersihan cepat selesai, kita bekerja telah maksimal dengan penuh semangat dan gotong royong, mari kita rawat dengan menjaga saluran pembuangan air ini biar lancar dengan mengagendakannya setiap bulan”. imbuh Serda Imam Prayetno.

“Saluran irigasi sebagai penyedia bahan baku air pertanian harus terus dijaga kelancarannya, sehingga sektor pertanian mampu menghasilkan hasil panen yang baik untuk mendongkrak kesejahteraan para petani,” ujarnya.